Pages

Sabtu, 16 April 2016

Analisis Pengaruh Umur dan Jenis Kelamin terhadap Nilai Siswa




Untuk kali ini, saya akan membahas analisis pengaruh umur siswa dan jenis kelamin terhadap nilai siswa. Tentu saja, masih dengan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution). Baiklah kita mulai bahasannya ^__^/~


Dari judul analisis diatas, kita harus mengetahui terlebih dahulu variabel terikat (dependent variable) dan variabel bebas (Independent variabele) nya. 

- Variabel Terikat ( Dependent Variable) : variabel yang dipengaruhi, akibat dari adanya variabel bebas. Dalam hal ini berarti  Nilai Siswa

-Variabel bebas ( Independent Variable) : variabel yang mempengaruhi atau sebab perubahan timbulnya variabel terikat (dependen). Dalam hal ini berarti  Umur dan Jenis Kelamin Siswa


Selanjutnya, akan dilakukan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas pada data yang terdiri dari 20 siswa.

DATA
Nama siswa, Gender, Umur, Tinggi, dan Nilai








1.Uji Normalitas 

Untuk mengetahui apakah distribusi sebuah data mengikuti atau mendekati distribusi normal, yakni distribusi data yang mampunyai pola seperti distribusi normal.


Dianalisis melalui grafik normal P-Plot







Titik-titik pada grafik mengikuti garis diagonal dan tidak berada jauh dari garis. Sehingga data pada model ini LULUS uji normalitas


2.    Uji Multikolinearitas

Untuk menguji apakah model regresi ditemukan adanya korelasi antar variable bebas (independent). Model regresi yang baik seharusnya tidak terjadi korelasi diantara variabel bebas (tidak terjadi multikolinearitas).

Pengambilan keputusan :
 - Melihat nilai tolerance
  Tidak terjadi multikolinearitas, jika nilai tolerance > 0,1

- Melihat nilai VIF (Variance Inflation Factor)
 Tidak terjadi multikolinearitas, jika nilai VIF < 10


Tabel Coefficients
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
Collinearity Statistics
B
Std. Error
Beta
Tolerance
VIF
1
(Constant)
70,452
9,733

7,239
,000


Gender responden
2,899
1,917
,383
1,512
,149
,689
1,451
Umur responden
,344
,509
,171
,675
,509
,689
1,451
a. Dependent Variable: Nilai responden














 Variable umur dan jenis kelamin siswa memiliki :

-Nilai tolerance= 0,689 (Nilai tolerance >0,1)
-Nilai VIF=1,451 (VIF<10)

Sehingga, variabel umur dan jenis kelamin siswa LULUS uji Multikolinearitas (tidak terjadi korelasi diantara variabel bebas)


3.    Uji Heteroskedastisitas

Untuk melihat apakah terdapat ketidaksamaan varians dari residual satu ke pengamatan ke pengamatan yang lain. Model regresi yang memenuhi persyaratan adalah di mana terdapat kesamaan varians dari residual satu pengamatan ke pengamatan yang lain tetap. 






Titik-titik pada grafik menyebar dan tidak membentuk pola tertentu. Serta berada di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Maka data ini LULUS uji Heteroskedastisitas.



Sekianlah penjelasan saya mengenai analisis pengaruh umur siswa dan jenis kelamin terhadap nilai siswa dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas pada data yang terdiri dari 20 siswa.


Semoga bermanfaat :D ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar